Wednesday 15 January 2014

Manfaat Buah Tomat


Kandungan Khasiat Dan Manfaat Buah Tomat – Seringkali orang-orang menggolongkan tomat pada sayur-sayuran dan tidak dibilang jenis buah-buahan. Padahal buah tomat sendiri juga termasuk jenis buah-buahan meskipun buah ini juga tergolong sayur-sayuran. Jadi jika anda termasuk orang yang salah mengartikan buah tomat ini, sebaiknya anda segera mengubah pendapat anda tentang buah tomat. Buah yang merupakan jenis dari golongan Solanaceae ini diduga awalnya berasal dari daerah Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Pohon buah tomat sendiri bisa mencapai 1-3 meter dan tidak bisa bertahan lama dalam artian cepat mati. Buah tomat juga terdapat dalam berbagai jenis tergantung bentuk buahnya. Berikut beberapa jenis buah tomat beserta ciri-ciri bentuknya:
  1. Tomat gondol: bentuk buah tomat jenis ini adalah lonjong oval. Jenis tomat ini dikategorikan tomat buah dan sering dijadikan saus.
  2. Tomat granola: bentuk buah tomat jenis ini adalah bulat dan pangkal buah mendatar. Buah ini juga sering digolongkan tomat buah karena buah ini bisa dikonsumsi langsung.
  3. Tomat ceri atau tomat ranti: bentuk buah tomat jenis ini adalah kecil dan pada tangkai buahnya yang panjang buah tomat ini tersusun.
  4. Tomat sayur: jenis tomat ini adalah tomat yang sering dijadikan sayur-sayuran.
Kandungan Buah Tomat
Buah tomat sendiri memilki banyak kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan atau bahkan digunakan sebagai bahan produk kecantikan. Wajar saja jika banyak orang mengonsumsi buah tomat ini. Sebelum kita membahas lebih mendalam tentang manfaat buah tomat, ada baiknya kita terlebih dahulu mengenal kandungan apa saja yang dimilki oleh buah tomat. Berikut kan-kandungan buah tomat tersebut:
  • Karbohidrat sebanyak 4gr
  • Energi sebanyak 75kJ (18 kcal)
  • Diet serat sebanyak 1gr
  • Lemak sebanyak 0,2gr
  • Gula sebanyak 2.6gr
  • Protein sebanyak 1gr
  • Vitamin C sebanyak 13mg (22%)
  • Air sebanyak 95 gr
Manfaat Buah Tomat
Nah, dari kandungan gizi yang dimiliki oleh buah tomat tentu kita sudah bisa sedikit tahu apa saja manfaat dari buah tomat ini. Khasiat dan manfaat buah tomat adalah sebagai berikut:
Seperti yang telah dibahas diawal bahwa buah tomat banyak memberikan manfaat sebab kandungan gizi yang dimilikinya, baik untuk kesehatan ataupun juga untuk kecantikan. Berikut ini manfaat-manfaat buah tomat:
1. Buah tomat bermanfaat untuk kesehatan jantung kita sebab dengan mengonsumsi buah tomat ini jantung kita akan terhindar dari penyakit.
2. Nah, jika anda ataupun anak anda bermasalah dengan nafsu makan, saat ini anda bisa memanfaatkan buah tomat untuk menambah nafsu makan anda sebab buah tomat mengandung vitamin C.
3. Kita sering lelah saat sepulang bekerja dan itu tentu akan mengganggu aktivitas saat di rumah. Untuk mengatasinya anda bisa mengonsumsi buah tomat karena buah tomat dapat mengembalikan stamina tubuh sehingga lelah pun akan hilang.
4. Manfaat buah tomat juga bisa mengatasi masalah penyakit kanker. Mengonsumsi buah tomat disini akan menghambat sel-sel kanker seperti kanker payudara, kanker leher rahim, kanker prostat, endometrium.
5. Buah tomat juga memiliki manfaat menghindarkan kita dari penyakit usus buntu.
6. Seiring bertambahnya usia seseorang, penglihatannya pun nantinya akan mengalami penurunan juga. Nah, buah tomat disini dapat berperan untuk menghambat kerusakan penglihatan mata kita.
7. Selain bermanfaat untuk kesehatan, buah tomat juga memiliki manfaat dalam hal kecantikan seperti misalnya menghilangkan jerawat pada wajah ataupun menjaga kulit kita dari berbagai penyakit. Caranya adalah dengan mengonsusmsi buah tomat ini secara teratur.
8. Buah tomat juga dapat menyehatkan bagian tubuh kita seperti ginjal dan hati. Selain itu buah tomat dapat mengatasi penyakit seperti sembelit, diare dan buang air besar.
9. Nah, untuk masalah yang sering dialami pria yaitu kekurangan sperma, buah tomat bisa menjadi solusi. Hal ini dikarenakan buah tomat dapat meningkatkat produksi sperma.
10. Buah tomat juga bermanfaat untuk anda yang sedang dalam masa diet. Hal ini dikarenakan buah tomat dapat mengurangi lemak yang tertimbun dalam tubuh sehingga berat badan pun dapat terjaga normal.
11. Buah tomat juga berperan untuk memulihkan fungsi liver/hati. Caranya adalah dengan mengonsumsinya secara teratur.
Dari manfaat-manfaat buah tomat yang disebutkan diatas, tentu anda tidak bisa untuk tidak melirik buah ini untuk dimanfaatkan. Anda tidak hanya bisa mengonsumsi buah tomat ini secara langsung, namun anda bisa mengolahnya terlebih dahulu seperti misalnya dijadikan jus atau lainnya. Untuk kecantikan, anda juga bisa menjadikan buah tomat ini untuk masker wajah sehingga kulit anda nantinya bisa lebih halus.

No comments:

Post a Comment