Wednesday 15 January 2014

Manfaat Buah Nanas



Nanas (dalam bahasa latin disebut pineapple) adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Tak hanya menyegarkan, buah yang mempunyai rasa manis dan agak asam saat disantap ini juga banyak mengandung vitamin A dan C sebagai antioksidan. Buah nanas juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, dan enzim bromelain. Selain itu, nanas juga kaya akan serat.
Dengan begitu banyaknya kandungan yang ada pada buah nanas, maka tidak mengherankan jika buah nanas sangat bermanfaat untuk kesehatan. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat buah nanas untuk tubuh kita:
1. Membantu melunakkan makanan di dalam lambung
Kandungan enzim bromelain pada buah nanas dapat berguna untuk membantu melunakkan makanan di dalam lambung. Selain itu, enzim bromelain juga berfungsi sebagai antiradang dan penghambat pertumbuhan sel kanker.
2. Menurunkan berat badan
Kandungan serat yang tinggi pada buah nanas terbukti membatu program diet untuk menurunkan berat badan secara alamiah.
3. Menjaga kesehatan gigi
Buah nanas mengandung vitamin C yang dapat membantu mencegah terjadinya plak pada gigi dan juga penyakit gusi.
4. Meningkatkan gula darah
Karena mempunyai kadar gula yang lumayan tinggi, buah nanas baik untuk penderita kadar gula rendah. Mengonsumsi nanas bisa membantu meningkatkan kadar gula darah.
5. Mengatasi sembelit
Kurangnya serat pada makanan yang dikonsumsi bisa membuat sembelit. Mengonsumsi buah yang yang banyak mengandung serat bisa mengatasi masalah sembelit. Makanan yang mengandung serat dapat berupa buah-buahan, salah satunya adalah nanas. Caranya, minum jus buah nanas. Pilih buah nanas yang tidak terlalu masak. Pilih buah nanas yang masih asam.
6. Mengatasi kembung
Untuk mengobati gangguan kembung di dalam perut menggunakan buah nanas cukup mudah. Caranya, minum jus nanas murni paling tidak 30 menit sebelum Anda menyantap makanan. Lakukan 3 kali dalam sehari dengan takaran 150 cc sekali minum.
7. Mengatasi peradangan kulit
Buah nanas juga bisa untuk mengatasi masalah peradangan kulit, yaitu untuk mengatasi kulit mengelupas dan bersisik. Caranya, ambil setengah bagian buah nanas yang sudah masak. Kupas kulitnya lalu parut. Gunakan hasil parutan nanas untuk menggosok bagian kulit yang mengelupas dan bersisik. Lakukan kegiatan ini pada malam hari sebelum tidur. Esok harinya, baru dicuci.
8. Menguatkan kekebalan tubuh
Kandungan asam amino esensial maupun non-esensial yang ada di dalam buah nanas bermanfaat menguatkan sistem kekebalan tubuh. Kedua senyawa tersebut memang sudah lama dikenal ampuh menguatkan kekebalan tubuh serta membantu tubuh mengatasi rasa lelah.

No comments:

Post a Comment