Wednesday 22 January 2014

Manfaat Buah Bacang



Bacang sendiri adalah buah yang masih serumpun dengan buah mangga dan memiliki nama latin Mangifera foetida Lour. Pohonnya cukup besar dengan memiliki batang lurus, yang dapat mencapai ketinggian 30-35 m. Pohon dari buah bacang ini jika dilukai kayunya mengeluarkan getah yang jika terkena kulit akan membuat kulit terasa cukup gatal.

Buah bacang ini mempunyai kulit yang berwarna hijau, kuning dan berbintik. Pada umumnya ketika masih muda buah bacang dapat digunakan untuk campuran sambal dan jika setengah matang dapat juga diperuntukkan untuk campuran rujak.
Namun jika sudah masak, buah bacang ini memiliki daging buah yang berwarna kuning dengana aroma khas serta memiliki getah. Daging dari buah bacang ini memiliki serat yang cukup banyak namun sayang wanginya tidak begitu digemari.

Berdasarkan penelitia , dalam setiap 100 gram buah bacang yang dikonsumsi sebanyak 65 %, memiliki kandungan energi sebesar 98 kilokalori, protein 1.4 gram, karbohidrat 25.4 gram, lemak 0.2 gram, kalsium 21 miligram, fosfor 15 miligram, dan zat besi 0 miligram. Selain itu di dalam Buah Bacang juga terkandung vitamin A sebanyak 1218 IU, vitamin B1 0.03 miligram dan vitamin C 56 miligram.

Manfaat buah bacang:
  1. Daunnya yang dapat menurunkan panas atau demam di badan.
  2. Biji buah Bacang dapat mengobati segala penyakit di badan yang disebabkan oleh jamur.
  3. Selain itu, penyakit kudis serta eksim juga akan sembuh apabila sudah terkena biji buah bacang.
  4. Meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan vitamin C di dalamnya.
  5. Sedangkan getah dari buah bacang yang dapat membuat gatal dan panas ternyata bermanfaat untuk memperdalam gambar pada tato tradisional.

No comments:

Post a Comment