Wednesday 15 January 2014

Manfaat Buah Pepino


Pepino atau dalam bahasa ilmiahnya Solanum muricatum masih satu famili dengan terung-terungan. Di balik rasa dan bentuknya yang unik ternyata menyimpan segudang manfaat.
Pepino berasal dari pegunungan Andes, Amerika Selatan dan banyak dibudidayakan di Peru, Chili dan Kolombia sejak ratusan tahun yang lalu. Buah ini masuk ke Indonesia dibawa oleh para penjajah Belanda.
Ada 2 jenis pepino yang beredar di Indonesia yaitu pepino ungu dengan kulit berwarna ungu corak garis ungu tua, daging buahnya berwarna Jingga, dan pepino putih dengan kulit berwarna putih kehijauan atau berwarna gading corak garis kekuningan, daging buahnya berwarna kuning pucat. Bentuk buah pepino beragam ada yang bulat telur, oval atau yang panjang menyerupai terung.
Rasa pepino memang agak unik seperti kombinasi melon dan mentimun. Daging buahnya beraroma khas, bertekstur lembut dan berair serta biji buahnya yang dimakan menjadikan pepino bisa dimakan langsung atau dibuat jus, campuran salad dan isi es buah.
Tabel 1. Kandungan Gizi per Porsi (100 g)
No
Kandungan Gizi
Jumlah
1.     
Energi
80 kKal
2.     
Karbohidrat
22 g
3.     
Protein
0,6 g
4.     
Lemak
0 g
5.     
Serat
5 g
6.     
Vitamin C
25,1 mg
7.     
Betakaroten
26,6 mg

Dilihat dari kandungan gizi yang terdapat dalam 100 gram buahnya, pepino dapat dijadikan buah alternatif bagi keluarga. Kadar vitamin C yang cukup tinggi mencapai 25 mg per 100 gram buah pepino, sangat baik untuk mengatasi sariawan, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, menjaga kekebalan tubuh. Konsumsi serat yang tinggi sangat membantu dalam pencernaan dan menurunkan kolesterol. Dan betakaroten adalah anti oksidan yang dapat mengurangi konsentrasi radikal peroksil. Kemampuan betakaroten bekerja sebagai antioksidan berasal dari kesanggupannya menstabilkan radikal berinti karbon. Karena betakaroten efektif pada konsentrasi rendah oksigen, bisa melengkapi sifat antioksidan vitamin E yang efektif pada konsentrasi tinggi oksigen. Jenis antioksidan ini juga dikenal sebagai unsur pencegah kanker, khususnya kanker kulit dan paru.
Konsumsi pepino sangat baik bagi penderita diabetes. Seratnya yang tinggi dapat membantu sistem pencernaan. Pepino mengandung potassium tinggi yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, bersama vitamin A, B dan C yang dikandung pepino dapat mencegah timbulnya kanker dan penyakit jantung. Juga ideal bagi yang sedang diet, karena setiap 100 gram hanya mengandung 23 kalori. Dalam usaha mencari penghambat tumor dari berbagai tanaman, sejumlah peneliti menemukan bahwa ekstrak Solanum muricatum dapat mencegah pertumbuhan tumor baik secara in vivo dan in vitro dengan menginduksi apoptosis.

No comments:

Post a Comment