Wednesday 15 January 2014

Manfaat Buah Rambutan

Manfaat Buah Rambutan >> Di cuaca panas seperti sekarang ini, paling enak makan buah – buahan segar seperti buah rambutan. Selain rasanya yang manis, buah ini juga mengandung banyak air sehingga dapat menghilangkan rasa haus dan gerah. Sesuai dengan namanya, penamaan buah rambutan diambil dari bentuk buahnya yang memiliki rambut disekitar kulitnya. Buah ini tumbuh didaerah yang mempunyai iklim tropis sekitar 25 derajat Celcius. Buah dengan nama latin Nephelium Lappaceum ini disukai oleh banyak orang dari berbagai kalangan, baik dewasa maupun anak – anak. Cara mengkonsumsi buah ini sangat beragam. Buah rambutan ini bisa dimakan langsung, bisa juga dicampur kedalam minuman. Selain itu, buah rambutan juga digunakan sebagai bahan pembuatan makanan atau minuman seperti sirup rambutan, manisan rambutan dan berbagai makanan olahan lainnya.

Manfaat Buah Rambutan Yang Sangat Luar Biasa

Manfaat Buah Rambutan >> Bersyukurlah kita karena terlahir di negara yang memiliki banyak keanekaragaman hayati. Negara Indonesia ini merupakan negara yang mempunyai tanah yang subur sehingga beragam tanaman dapat tumbuh disini. Beragam buah – buahan dapat dengan mudah kita jumpai disini, salah satunya buah rambutan. Pada semua jenis buah – buahan tentunya terdapat kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Begitu juga pada buah rambutan. Didalam buah rambutan terkandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Beragam kandungan yang ada dalam buah rambutan diantaranya vitamin C, citamin A, kalsium, magnesium, potassium, seng, zat besi, protein, fosfor, niacin, natrium, karbohidrat dan serat. Berbagai nutrisi tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah manfaat yang akan kita dapatkan dari mengkonsumsi buah rambutan :

Kandungan Dan Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan

1. Mencegah penyakit sariawan
Manfaat buah rambutan yang pertama mampu mencegah penyakit sariawan. Rambutan merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Dengan mengkonsumsi vitamin C, kita akan terhindar dari penyakit sariawan. Bila kita mengkonsumsi 10 sampai 12 butir rambutan, maka kita telah mengkonsumsi 75 sampai 90 mg asam askorbat.
2. Menjaga kesehatan sistem pencernaan
Seseorang yang mengkonsumsi buah rambutan, kemungkinan besar akan terhindar dari sembelit. Sebab dalam buah rambutan terkandung sejumlah serat yang berfungsi menjaga kesehatan sistem pencernaan. Disamping itu, buah rambutan juga mampu membasmi parasit yang ada dalam usus. Buah rambutan juga mampu meringankan gejala diare.
3. Menurunkan Tekanan Darah Pada Penderita hipertensi
Manfaat buah rambutan selanjutnya dapat menurunkan tekanan darah. Berdasarkan hasil penelitian mengungkapkan bahwa makan 9 atau 10 butir rambutan efektif menurunkan tekanan darah.
4. Mendukung program diet
Walaupun buah rambutan mengandung sukrosa dan fruktosa, tapi kandungan kalorinya sangat sedikit. Selain itu, kandungan kalium, kalsium dan magnesiumnya sangat baik dalam mendukung program diet.  Jadi, buah rambutan ini bisa dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalankan program diet.
5. Mengatasi masalah anemia
Manfaat buah rambutan berikutnya dapat mengatasi masalah anemia. Kekurangan zat besi merupakan penyebab umum anemia. Nah, Buah rambutan dapat mengatasi masalah anemia sebab buah rambutan merupakan sumber zat besi yang cukup tinggi. Zat besi ini pula dapat meningkatkan jumlah oksigen dalam tubuh.
6. Membantu proses penyerapan zat besi
Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah rambutan berfungsi memelihara sel – sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan ini pula dapat membantu proses penyerapan zat besi dalam tubuh.
7. Bersifat anti kanker
Manfaat buah rambutan selanjutnya dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli di Thailand mengungkapkan bahwa kulit, biji dan buah rambutan mengandung antioksidan tinggi yang dinamakan flavonoid. Flavonoid ini diyakini mampu menurunkan kadar kolesterol, mencegah peradangan (antiinflamasi) dan dapat mencegah pertumbuhan sel kanker (antikanker).

No comments:

Post a Comment